Proses terjadinya Relief Bumi


Proses terjadinya Relief Bumi. Bentuk muka bumi yang seperti saat ini terbentuk kerana adanya tenaga yang menyebabkan terbentuknya relief bumi. Berdasarkan tempat asalnya, tenaga pembentuk relief bumi di bedakan menjadi:




1. Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi, sumbernya dari magma dan sifatnya adalah membangun kulit bumi. Yang termasuk tenaga endogen adalah:
  • Tenaga Tektonik, yaitu suatu tenaga yang mengubah kulit bumi dari dalam yang menyebabkan terjadinya dislokasi (perubahan lokasi) permukaan bumi berupa lipatan, patahan maupun retakan kulit bumi dan batuan.
  • Tenaga Vulkanik, yaitu suatu tenaga yang dihasilan karena adanya aktivitas magma dari perut bumi untuk mencapai permukaan bumi. Magma, artinya batuan cair yang pijar dengan suhu tinggi yang terdiri dari berbagai macam mineral dan gas sebagai sumber tenaga untuk menekan keluar.
  • Tenaga Seismik, yaitu getaran pada permukaan bumi yang muncul akibat aktivitas tenaga tektonik ataupun tenaga vulkanik.
Tenaga eksogen adalah  yaitu tenaga yang berasal dari luar kulit bumi. Sifat tenaga eksogen adalah merusak kulit bumi. Tenaga eksogen dipengaruhi oleh air, angin, makhluk hidup, dan salju (es). Pada dasarnya, tenaga eksogen dibedakan menjadi empat bagian, yaitu:
  • Pelapukan, terjadi karena adanya pengaruh suhu, seperti panas yang menyengat di siang hari dan dingin yang membeku di malam hari. Pengaruh panas-dingin akan membuat batuan pecah dan lapuk.
  • Pengangkutan, dapat terjadi jika ada angin, air, salju dan makhluk hidup
  • Pengikisan,  biasanya terjadi akibat pengaruh air dan angin. Secara umum proses pengikisan ada 2, yaitu erosi dan abrasi
  • pengendapan, atau sedimentasi biasanya terjadi jika aliran sungai membawa terlalu banyak lumpur atau tanah.

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan