loading...

Macam-macam jenis Pertumbuhan


Jenis-jenis Pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup berupa perubahan ukuran dan bentuk yang bersifat irreversible (tidak berubah kembali ke asal atau tidak dapat balik). Pertumbuhan bukan saja perubahan ukuran yang mengacu pada pertambahan volume tetapi juga diikuti oleh pertambahan bobot kering. 

Pertumbuhan hanya terjadi pada lokasi tertentu saja, yaitu pada jaringan meristem. Jaringan meristem sendiri terbagi 2,  yaitu meristem primer dan meristem sekunder. 



Untuk mengetahui macam-macam jaringan Meristem dapat di baca di SINI. Berdasakan letak meristem yang tumbuh, pertumbuhan terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

Baca Juga:


Macam-macam Pertumbuhan


1. Pertumbuhan Primer
Pertumbuhan primer adalah bagian batang tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem primer. Contoh pertumbuhan primer adalah bertambah tingginya tanaman dan bertambah panjangnya akar.
2. Pertumbuhan sekunder
Pertumbuhan sekunder adalah pertambahan besar dari organ tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yaitu kambium pada kulit batang, kambium batang, dan akar. Contoh pertumbuhan sekunder antara lain adalah perbedaran batang tumbuhan dan perbedaran pada akar.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan