loading...

Struktur jaringan penyusun akar | Penampang Melintang

Struktur jaringan penyusun akar.  Penampang melintang akar antara akar monokotil dan dikotil, secara umum adalah hampir sama saja. Kalaupun berbeda itu hanya pada susunan berkas pembuluhnya. Pada akar dikotl, berkas pembuluhnya terlihat lebih teratur dari pada susunan berkas pembuluh pada akar monokotil. Berkas pembuluh pada tanaman terdiri dari2 jenis, yaitu floem dan xylem. Floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh, sedangkan Xylem berfungsi untuk mengangkut nutrisi dari tanah ke daun.

Struktur Jaringan penyusun akar secara anatomi

Secara anatomi, struktur dan jaringan penyusun akar terdiri dari:

1. Jaringan Epidermis
Terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat, dinding sel tipis sehingga mudah ditembus air. Memiliki rambut-rambut akar yang merupakan hasil aktifitas sel dari belakang titik tumbuh. Rambut-rambut akar ini berfungsi memperluas bidang penyerapan.

Baca Juga:
2. Sistem Jaringan dasar
Sistem jaringan dasar meliputi:
  • Korteks, terletak di sebelah dalam epidermis, terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas dan menyimpan cadangan makanan. Pada korteks terdapat jaringan-jaringan lain seperti: parenkim, kolenkim,dan sklerenkim.
  • Endodermis, terletak di sebelah dalam korteks dan di sebelah luar perisikel. Endodermis berupa 1 lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antar sel. Dinding selnya mengalami penebalan gabus. Penebalan gabus ini tidak dapat ditembus air sehingga air harus masuk ke silinder pusat melalui sel endodermis yang dindingnya tidak menebal, yang disebut sel penerus air. Endodermis merupakan pemisah yang jelas antara korteks dan stele.
  • Perisikel, terletak di bagian dalam endodermis. Fungsi perisikel adalah membentuk cabang akar dan kambium gabus.
3. Berkas pembuluh /Silinder pusat
Silinder pusat di sebut juga stele dan terletak di sebelah dalam endodermis. Di antara stele terdapat berkas pembuluh yaitu xilem dan floem yang berfungsi sebagai sarana transportasi.

4. Empulur
Empulur merupakan bagian terdalam dari akar tumbuhan berpembuluh. Pada akar monokotil, empulur terletak dibagian dalam dan di kelilingi oleh xylem dan floem secara berselang seling. Pada tumbuhan dikotil letaknya juga di bagian tengah batang dan di kelilingi oleh pembuluh xylem. Tidak semua akar dikotil memiliki empulur, karena ada juga akar dikotil yang tidak memiliki empulur.