Bentuk Muka Bumi

Bentuk Muka Bumi. Bumi merupakan salah satu planet yang ada di jagat raya. Bumi terdiri atas daratan dan lautan. Bentuk muka bumi dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Perubahan-perubahan tersebut diakibatkan oleh adanya tenaga geologi yang berpengaruh terhadap kulit bumi sehingga baik di daratan maupun di lautan terjadi perbedaan atau variasi bentuk permukaan kulit bumi, disebut relief.

Berdasarkan reliefnya, permukaan bumi terdiri atas dua macam, yaitu:
  1. Relief Daratan
  2. Relief Dasar Laut
Sedangkan, berdasarkan keadaan reliefnya, bentuk muka bumi Indonesia dikelompokkan menjadi tiga daerah, yaitu:
  1. Daerah Indonesia bagian barat, meliputi Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Sedangkan, laut di sekitarnya termasuk laut dangkal. Daerah bagian barat disebut juga Paparan Sunda, dibatasi dengan garis Wallacea.
  2. Daerah Indonesia bagian tengah, meliputi Pulau Sulawesi, Pulau Maluku, dan Nusa Tenggara, lautnya dalam, dibatasi oleh garis Wallacea di bagian barat dan garis Weber di bagian timur.
  3. Daerah Indonesia bagian timur, meliputi Irian Jaya (Papua) dan Kepulauan Aru, disebut juga Paparan (dangkalan) Sahul, di bagian tengah dibatasi oleh garis Weber.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website
Copyright © 2013. Buku Materi Sekolah
Template Modify by Kamus Q
Proudly powered by Blogger
Bentuk Muka Bumi