loading...

Macam-macam jenis Persendian Struktural

Macam-macam Persendian secara struktural. Persendian secara struktural di bedakan berdasarkan jangkauan gerkannya. Apa bedanya sendi dan persendian? Sendi adalah nama alat penyambung antar tulang. Secara umum sendi di bedakan berdasarkan arah gerakannya. Untuk mengetahui jenis-jenis sendi, silah baca di SINI.  Persendian adalah hubungan antara dua tulang. Jenis-jenis persendian di bedakan menjadi 2 kategori, yaitu jenis sendi berdasarkan struktunya dan jenis persendian berdasarkan fungsinya. Untuk kali ini Buku Materi Sekolah akan berbagi pengetahuan tentang jenis persendian struktural.

Jenis persendian struktural

Jenis persendian struktural di bagi berdasarkan jangkauan gerakannya. Jenis persendian seperti ini terbagi menjadi 3 macam , yaitu:
1. Persendian Fibrosa, yaitu persendian yang tidak memiliki rongga sendi dan diperkokoh dengan jaringan ikat fibrosa
2. Persendian Kartilagenosa, yaitu persendian yang tidak memiliki rongga sendi dan diperkokoh dengan jaringan kartilago. Contoh persendian Kartilahenosa: contohnya tulang iga.
3. Persendian Sinovial, yaitu persendian yang memiliki rongga sendi dan diperkokoh dengan kapsul dan ligament artikular yang membungkusnya. Contoh persendian Sinovial :sendi bahu dan panggul, sikut dan lutut, sendi pada tulang-tulang jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan kaki.