loading...

Mekanisme Sistem Pertahanan Tubuh


Mekanisme Sistem Pertahanan Tubuh. Setiap benda asing yang masuk kedalam tubuh akan dideteksi oleh organ-organ sistem pertahanan tubuh. Organ-organ tersebut akan mengenali dan membedakan antara materi asing yang berasal dari luar tubuh dengan materi dari dalam tubuh. Jika seseorang terinfeksi benda asing, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi dan berusaha mencegah materi tersebut masuk kedalam tubuh. Reaksi tubuh terhadap benda asing menghasilkan respon yang berbeda. Berdasarkan respon yang diberikan, mekanisme pertahanan tubuh terbagi menjadi 2, yaitu:

Macam-macam Mekanisme Sistem Pertahanan Tubuh


Jenis mekanisme sistem pertahanan tubuh tergantung pada jenis respon yang dihasilkan, yaitu:
1. Mekanisme Respon spesifik
Respon spesifik dihasilkan oleh sel-sel yang memiliki fungsi khusus dan substansi kimia yag dapat bereaksi terhadap agen infeksi tertentu. Respon pertama tidak akan terlalu besar, tetapi respon kedua dan ketiga akan menghasilkan reaksi yang lebih besar, karena respon spesifik ini memilki memori terhadap infeksi sebelumnya.
2. Mekanisme Respon nonspesifik
Respon nonspesifik dihasilkan oleh sistem pertahanan fisik dan kimia terhadap agen infeksi dan tidak dipengaruhi oleh infeksi sebelumnya.  Sel yang bertanggung jawab terhadap respon nonspesifik tidak menyimpan memori dari infeksi sebelumnya sehingga reaksi yang di hasilkan sama terhadap tiap agen infeksi yang menyerang.