loading...

ARTI RESPIRASI

Arti Respirasi. Respirasi adalah pernapasan, suatu proses menghasilkan energi yang diperlukan oleh kehidupan organisme dengan memecah molekul yang lebih komplek menjadi molekul yang lebih sederhana, terutama molekul gula sederhana diuraikan menjadi karbon dioksida dan uap air serta energi.proses pemecahan molekul tersebut dapat berlangsung menggunakan oksigen (oksidasi atau respirasi aerob)atau  hanya menggunakan enzim tanpa oksigen (fermentasi atau respirasi anaerob). jadi ada dua macam respirasi , yaitu :

REAKSI UMUMNYA :

Respirasi Aerob/Oksidasi :
C6H12O6 + 6O2  clip_image001  6CO2 + 6 H2O + 675 K

Respirasi anaerob / fermentasi “":
C6H12O6   image    2C2H5OH + CO2 + 28 K

Pada kedua reaksi respiras di atas terdapat perbedaan hasil yaitu respirasi aerob menghasilkan energi lebih banyak daripada respirasi anaerob . Pada respirasi anaerob (fermentasi) terjadi pemecahan molekul yang tidak sempurna, karena masih dihasilkan zat organik sehingga energinya belum terbebaskan semua. 

Baca Juga:

Proses respirasi berlangsung didalam sel yang hidup sehingga disebut respirasi sel . cadangan energi untuk kebutuhan energi tubuh adalah berupa molekul ATP (Adenosin Tri Phospat). Respirasi aerob berlangsung dalam tiga tahap yaitu : glikosis, daur krebs, untuk membebakan karbondioksida dari asam peruvat dan pada sistem tranfer elektron terjadi pembentukan banyak ATIP. 

Pada respirasi anaerob karena tidak ada oksigen maka proses terhenti pada glikosis dan terbentuk asam laktat, akibatnya energi yang dihasilkan sedikit dan dampaknya menimbulkan kelelahan tubuh . pada organisme tingkat tinggi umumnya respirasi berlangsung respirasi secara aerob untuk mengimbangi kebutuhan energi bagi kehidupannya, dan respirasi anaerob hanya berlangsung dalam keadaan darurat, jika persediaan oksigen kurang terpenuhi. 

Umumnya respirasi anaerob  terjadi pada organisme tingkat rendah, seperti pada golongan ragi dan bakteri. Berdasarkan tempatnya, respirasi dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu respirasi luar dan respirasi di dalam tubuh atau sel. Respirasi luar adalah proses pengisapan oksigen dari udara luar hingga memasuki alvioli di dalam paru-paru, Respirasi dalam tubuh adalah proses pengangkutan oksigen sejak diterima oleh darah, kemudian di baea menuju ke jaringan menuju sel-sel yang hidup.